Sunday, April 11, 2010

STUDI MIKROTREMOR UNTUK PEMETAAN DISTRIBUSI FREKUENSI FUNDAMENTAL TANAH DAN KORELASINYA DENGAN TINGKAT KERUSAKAN AKIBAT GEMPA DI BANTUL (#2: Abstact)

Salwan Suheri (1), Roni Wijaya (1), Rajib Khafif Arruzzi (2)
1)Program Studi Geofisika, Fakultas MIPA UGM Yogyakarta
2)Jurusan Geografi Lingkungan Fakultas Geografi UGM Yogyakarta


Abstact

Metode HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio) digunakan dalam studi mikrotremor di Kecamatan Pleret, Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan distribusi frekuensi resonansi dan amplifikasinya kemudian dibandingkan dengan tingkat kerusakan akibat gempa Jogjakarta 27 Mei 2006. Berdasarkan frekuensi yang diperoleh kemudian dihitung kedalaman lapisan lapuk. Akusisi data dilakukan dengan sensor velocitymeter L4-3D single station dan data logger DATAMARK LS-7000. Pengukuran mikrotremor dilakukan dalam bentuk grid dengan spasi + 500m yang mencakup seluruh kecamatan Pleret dengan durasi pengukuran tiap titik kurang lebih 5 menit.. 

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa frekuensi resonansi yang ada berkisar antara 1 sampai 13 Hz. Daerah yangmemiliki frekuensi resonansi rendah terkonsentrasi di Distribusi amplifikasinya memiliki rentang nilai 1 sampai 9 kali. Amplifikasi yang tinggi berada di daerah dataran dan lembah (cekungan) yang terisi oleh endapan. Kedalaman lapisan lapuknya bervariasi dari 4 sampai 44 m.
Data tingkat kerusakan yang diperoleh dari pengamatan lapangan dan citra satelit dikorelasikan dengan frekuensi resonansi dan amplifikasi. Pengamatan secara kualitatif memperlihatkan adanya korelasi yang bagus antara tingkat kerusakan dengan frekuensi resonansi dan amplifikasi.
Kata kunci : Mikrotremor, HVSR, Gempa Jogja

Sumber: Salwan, Suheri; Roni Wijaya; Rajib Khafif Arruzzi. 2008. Studi Mikrotremor Untuk Pemetaan Distribusi Frekuensi Fundamental Tanah Dan Korelasinya Dengan Tingkat Kerusakan Akibat Gempa Di Bantul: PKM 2008. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Versi Fulltext silahkan download disini

7 comments:

  1. mas ada yang fersi fullnya ga? saya minta...

    saya sedang mempelajari HSVR dan mikrotremor..mohon bantuannya

    ReplyDelete
  2. kirm e-mail ke rajib.arruzzi@gmail.com ma contact person.

    ReplyDelete
  3. mas, saya juga minta lah versi full nya mas...
    saya sudah kirim e-mail ke rajib.arruzzi@gmail.com dan mengirimkan contact person saya...
    saya tunggu ya mas...
    Trims...

    ReplyDelete
  4. Mohon maaf bagi yang ingin bertanya email kirim ke rajib.khafif@gmail.com, karena email rajib.arruzzi@gmail.com jarang online. terimakasih

    ReplyDelete
  5. ass. ada yang fersi fullnya ga? saya sedang mempelajar mikrotremor..mohon bantuannya yach.. kirim ke echanbusther@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Ass. ada yang fersi fullnya ga? bisa gak dikirimin ke echanbusther@gmail.com

    karna saya sedang mempelajari mikrotremor untuk penyelesaian studi, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  7. Mohon maaf teman2 yang bertanya via fasilitas komentar dan yang sudah berkirim email tetapi belum dapat ditanggapi. Hal tersebut karena kesibukan, dan jarang update blog serta email yang digunakan juga ada beberapa. Terima kasih atas tanggapan dan ketertarikannya. Bagi yang masih menginginkan naskah full sudah saya update di postingan pada akhir halaman.

    Terima kasih banyak

    Salam

    Rajib

    ReplyDelete