Tuesday, June 26, 2012

Membuat Peta Lereng dari data Kontur (ArcGIS 10)

Peta lereng banyak digunakan sebagi parameter dalam penelitian. Misalnya dalam penelitian bencana longsor, diperlukan data lereng, dalam arahan penggunaan lahan diperlukan data lereng, dsb. Pada saat kita memerlukan data tersebut, padahal yang kita miliki hanya data kontur maka kita dapat membuatnya sendiri.  bahan yang diperlukan, adalah:
  1. Data kontur (shp format)
  2. Klasifikasi lereng
Contoh pengkelasan lereng


Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka data kontur pada ArcMAP, pastikan projection sudah terdefine (projection dengan format UTM lebih baik karena ketelitian akan lebih tinggi)
  2. Buka tool Topo to Raster pada toolbox, convert data kontur vektor menjadi data raster
  3. Data raster yang telah di buat kemudian kita olah lagi menjadi data lereng dengan menjalankan tool slope pada 3D analyst
  4. Kelas yang terbentuk pada peta slope kemudian di kelaskan kembali dengan tool reclassify, masukkan kelas yang sudah kita siapkan sebelumnya
  5. Hasil dari reclassify merupakan peta lereng yang telah jadi dengan format raster, akan tetapi kebanyakan kita menggunakan data vektor, jadi langkah terahir adalah mengubahnya menjadi data vektor dengan tool "Raster to Polygon"
  6. Data lereng sudah siap digunakan untuk analisis.
Note: Jika tool yang kita gunakan tidak dapat dijalankan, pastikan extensi 3D analyst telah kita check.
Tutorial lengkap bisa di download disini

1 comment:

  1. Hasilnya setelah jadi Polygon terlihat sangat kasar , adakah teknik untuk menghasilkan peta lereng yang halus dalam bentuk shp?

    ReplyDelete