Sunday, February 13, 2011

Geografi dan Ilmu Lingkungan

Salah satu Prodi di Fakultas Geografi UGM, berada di bawah asuhan Jurusan geografi Lingkungan. Sebelumnya merupakan tiga program studi yang di merger menjadi satu (Geografi Manusia, Geografi Umum, Geografi Fisik Lingkungan).  Secara umum tiga prodi tersebut mempelajari mengenai Alam secara fisik dan sosial ekonomi Manusianya. Prodi Geografi dan Ilmu Lingkungan setelah dilakukan visitasi oleh Tim Assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mendapatkan Nilai Akreditasi 388 = A (Baik Sekali) dengan Nomor : 028/BAN – PT/Ak/XII/S1/IX/2009 tertanggal 16 September 2009. Mudah-mudahan menjadi penyemangat prodi untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. 

Himpunan Mahasiswa dari prodi ini adalah Environmental Geography Student Asociation (EGSA) (website egsaugm.blogspot.com). Berdiri pada Mei 2007, merupakan organisasi yang tergolong aktif mengadakan kegiatan-kegiatan, dimana kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah EGSAFAIR (terakhir pada bulan Jaunari 2011). 

Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan Menghasilkan sarjana sains (S.Si) dengan kompetensi ahli geografi dan ilmu lingkungan yang bermoral berdasarkan jatidiri bangsa dan mampu:
  1. Mengembangkan ilmu geografi dan ilmu lingkungan, ketrampilannya serta memanfaatkan konsep geografi dan ilmu lingkungan dengan baik sesuai ruang dan waktu;
  2. Melakukan analisis dan sintesis yang mendasarkan pada pemikiran geografi dan lingkungan serta penalaran logis;
  3. Mengembangkan kompetensi pengetahuan dan ketrampilan geografi dan lingkungan yang dimiliki untuk melakukan prediksi terhadap kecenderungan perubahan yang terjadi di lingkungan alam dan masyarakat;
  4. Membekali diri untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Kerjasama pendidikan yang dibangun saat ini selain kerjasama dalam negeri juga sudah sampai pada kerjasama tingkat internasional (ITC Enschede; Cologne University, Jerman; Chiba University, Jepang dan University of Utrecht).

Alumni Geografi dan Ilmu Lingkungan tersebar diberbagai instansi antara lain: Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Koordinasi dan Survai Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Departemen Kehutanan, BAPPEDA, Badan Pusat Statistik (BPS), Depnakertrans, LIPI, BNPB, Dinas Kesehatan, dan Instansi yang lain. Swasta terkait geografi dan ilmu lingkungan adalah PT ENVICOM, PT Waindo Spec Terra, PT EXSA, ER MAPPER, ESRI. Penerimaan tenaga kerja lulusan Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan di bidang swasta konsultan, sebagian besar melalui jaringan ini. Saat ini intensitas kerjasama terutama pada bidang penyusunan basisdata wilayah, sistem informasi, pemberdayaan masyarakat, kajian lingkungan dan sumberdaya. Hal ini akan dilajutkan dan ditingkatkan.

Lebih lengkapnya bisa ke website resmi program studi Geografi dan Imu Lingkungan di http://geolink.geo.ugm.ac.id/

No comments:

Post a Comment