Wednesday, April 14, 2010

Fakultas Geografi UGM


Panji Fakultas Geografi UGM
Fakultas Geografi UGM merupakan satu-satunya fakultas Geografi di Indonesia. Fakultas ini menyediakan jenjang pendidikan dari D3, S1, S2 dan S3 dalam bidang Geografi. Untuk Jenjang sarjana Fakultas Geografi memiliki dua Jurusan yaitu Geografi Lingkungan dan Sains Informasi Geografi dan Pembangunan Wilayah. Dari tiga jurusan tersebut ada tiga program studi (prodi) yaitu: 
  1. Program Studi Geografi dan Ilmu Lingkungan 
  2. Program Studi Kartografi dan Penginderaan Jauh
  3. Program Studi Pembangunan Wilayah
Semua program studi di Fakultas Geografi UGM sudah terakreditasi dengan nilai A. Dengan demikian tidak diragukan lagi bahwa kualitas pendidikan Geografi di UGM memiliki kualitas yang baik. Banyak siswa SMA yang ingin melanjutkan studi mereka bingung dengan Studi Geografi UGM yang berada di jalur IPA. Ini mungkin berbeda dengan kurikulum yang ada di SMP dan SMA yang memasukkan geografi pada ilmu sosial. Kurukulum tersebut tidak juga salah karena geografi mencakup ilmu sosial dan ilmu eksak. Oleh karena itu geografi sangat fleksibel dalam mempelajari obyeknya yaitu fenomena Geosfer. Di dalam Obyek studi geografi terdapat berbagai aspek, manusia, tanah, air, iklim, dll. Semua obyek tersebut dalam geografi dipelajari dengan menggunakan tiga pendekatan, yaitu:
  1. Pendekatan Spasial (Spatial Approach)
  2. Pendekatan Ekologi (Ecological Approach)
  3. Pendekatan Kompleks Wilayah (Regional Complex Approach)
Dengan tiga pendekatan tersebut berbagai permasalahan dari permasalahan sosial, fisik wilayah, dan kompleks wilayah dapat dipecahkan. Sebagai seorang geograf sangat memungkinkan untuk menjadi berbagai profesi seperti peneliti, ahli penginderaan jauh (remote sensing), kartografer,  Ahli Sistem Informasi Geografi (SIG), ahli lingkungan, ahli kependudukan, ahli perencanaan, ahli ketenagakerjaan, atau bahkan enterpreneur, dll, karena dalam fakultas ini semua profesi ini sangat mungkin untuk diraih. 
Sebagai seorang yang ingin melanjutkan studi memang kadang pemikiran kita berorientasi pada pekerjaan yang mungkin diraih esok ketika lulus. Dengan bermodalkan ilmu dan keahlian yang disebutkan di atas dalam pekerjaan juga sangat fleksibel bagi seorang geograf. Banyak lowongan pekerjaan yang tersedia, tinggal memilih bekerja di swasta atau menjadi pegawai negeri (PNS). 
Menurut Abdurrofi seorang dosen dari bidang Geografi Penduduk, cara jitu untuk meraih sukses dalam dunia kerja adalah persiapkan karirmu mulai dari sekarang. Ini memiliki artian bahwa kita harus bersungguh-sungguh dalam belajar dan mempersiapkan ilmu dan pengalaman sesuai dengan bidang kita masing-masing karena itu akan sangat berarti dalam dunia kerja, dunia kerja. Ini menunjukkan kesungguhan dan profesionalisme kita dalam bidang yang kita tekuni. (Arruzzi, 14/04/10)
  

No comments:

Post a Comment